Hadist : Kisah Malaikat Yang Pencatat Amal

٤٦  - يَتَعاقَبُونَ فِيكُمْ مَلائِكَةٌ باللَّيْلِ ومَلائِكَةٌ بالنَّهارِ، ويَجْتَمِعُونَ في صَلاةِ الفَجْرِ وصَلاةِ العَصْرِ، ثُمَّ يَعْرُجُ الَّذِينَ باتُوا فِيكُمْ، فَيَسْأَلُهُمْ وهو أعْلَمُ بهِمْ: كيفَ تَرَكْتُمْ عِبادِي؟ فيَقولونَ: تَرَكْناهُمْ وهُمْ يُصَلُّونَ، وأَتَيْناهُمْ وهُمْ يُصَلُّونَ.
الراوي: أبو هريرة • البخاري، صحيح البخاري (٥٥٥) • [صحيح] • أخرجه البخاري (٥٥٥)، ومسلم (٦٣٢)

Para Malaikat tinggal berada di (sekitar) kalian (hamba Allah) malam dan siang. Dan mereka berkumpul (datang) di waktu shubuh & (pergi) di waktu ashar. Kemudian mereka yang selalu bersama kalian akan naik (ke langit).
Lalu Allah Maha Mengetahui bertanya pada para malaikat; Bagaimana bisa kalian meninggalkan hamba-Ku? 
Para Malaikat menjawab: Kami meninggalkan mereka dalam keadaan sholat (ashar). Kami menjumpai mereka dalam keadaan Sholat (Subuh).

Hadist Bukhari Muslim
Hadist tentang malaikat pencatat amal seorang hamba juga dijelaskan dalam al Qur'an surat Al Infithor ayat 10-12 :

﴿
وَإِنَّ عَلَيْكُمْ لَحَافِظِينَ كِرَامًا كَاتِبِينَ يَعْلَمُونَ مَا تَفْعَلُونَ﴾ [الِانْفِطَارِ: ١٠ -١٢] 
Dan Benar-benar atas kalian semua pasti ada para malaikat penjaga mulia menulis perbuatan apapun yang kalian perbuat. 
Al Infithor : 10-12

Imam Baidowi dalam kitab tafsirnya menyebut malaikat pencatat amal dengan sebutan Raqib dan Atid seperti firman Allah SWT dalam surat Qhaf ayat 18 :

﴿ما يَلْفِظُ مِن قَوْلٍ﴾ ما يَرْمِي بِهِ مِن فِيهِ. ﴿إلا لَدَيْهِ رَقِيبٌ﴾ مَلَكٌ يَرْقُبُ عَمَلَهُ. ﴿عَتِيدٌ﴾ مُعَدٌّ حاضِرٌ، ولَعَلَّهُ يَكْتُبُ عَلَيْهِ ما فِيهِ ثَوابٌ أوْ عِقابٌ
 [ق ١٨]
تفسير البيضاوي — البيضاوي (٦٨٥ هـ)

Tidaklah perkataan yang terlontar dari mulut seseorang kecuali di dekatnya ada Malaikat Raqib & Atiq yang mencatat amal baik maupun buruk.
Surat Qof : 18

0 Komentar